Tuesday, October 8, 2013

Apa Perbedaan Tepung Mokaf dengan Tepung Tapioka?

Singkong
   Orang Indonesia mengenal beberapa macam tepung, diantaranya adalah tepung beras, tepung ketan, tepung gandum, teping mokaf dan tepung tapioka. Tapi yang akan dibahas kali ini adalah tepung mokaf dan tepung tapioka. Bagi yang belum tahu, kedua tepung ini memiliki bahan dasar yang sama. Kedua tepung tersebut berasal dari singkong. Meskipun sama-sama berasal dari singkong, kedua tepung ini tidak sama.

Tepung Tapioka
   "Kalo pati tapioka, itu komponen utamanya adalah pati, karbohidrat. Di sana sudah tidak ada kandungan atau sangat sedikit sekali kandungan proteinnya. Sedangkan tepung mokaf, itu karena seluruh bagian singkong terikut di sana, sehingga dia masih mengandung protein", jelas Dwi Fibrita, Dosen Teknologi Pertanian UGM. Dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara tepung mokaf dan tepung tapioka adalah pada kandungan proteinnya.
   Tepung mokaf merupakan singkatan dari modified cassava flour. Sederhananya adalah tepung dari singkong yang telah dimodifikasi dengan cara difermentasi. Dengan cara ini, aroma singkong menjadi hilang. Keunggulan dari tepung mokaf adalah kandungan kalsium dalam tepung mokaf yang lebih tinggi dari gandum maupun padi. Selain itu, tepung ini juga lebih mudah dicerna oleh tubuh daripada tepung terigu karena tidak mengandung asam sianida. Tepung mokaf sangat baik untuk penderita autis karena tepung mokaf tidak mengandung gluten, yang sangat dihindari para penderita.

Bebas Gluten
   Untuk membuat tepung mokaf, singkong yang telah dibersihkan kemudian dicacah hingga berbentuk pipih. Setelah itu, hasil cacahan direndam di dalam bak yang berisi air dan senyawa aktif sekitar 3 hari. Kemudian dilanjutkan dengan penggaraman lalu penjemuran selama 2 hari. Yang terakhir adalah menggiling hasil penjemuran menjadi tepung.

Tepung Tapioka
    Tepung tapioka atau yang lebih tepat disebut pati tapioka memiliki cara pembuatan yang berbeda. Singkong yang sudah dikupas dan dicuci bersih kemudian diparut hingga halus, diperas dan ditambahkan air. Sari pati singkong kemudian diendapkan selama empat jam. Endapan ini lah yang menjadi tepung. Endapan tadi diambil lalu dijemur sekitar 2 hari. Limbah dari tapioka biasanya digunakan sebagai makanan ternak.






1 comment:

  1. Bukankah yang mengandung banyak karbohidrat terdapat di tepung tapioka.? karena inti dari pembuatannya menggunakan pati ( apalagi jika ubinya di panen kurang dari 1tahun, zat atau kandungan patinya masih sangat banyak )

    dan saya belum mengerti akan ini "Di sana sudah tidak ada kandungan atau sangat sedikit sekali kandungan proteinnya."
    Mohon penjelasannya,
    karena saya juga baru belajar :D
    Terima kasih
    senang bila bisa bertukar pikiran

    ReplyDelete