Wednesday, May 30, 2012

Asal Mula Kata Palembang

Sungai Musi
Palembang adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki beberapa asset yang terkenal hingga mancanegara. Aset tersebut antara lain adalah sungai Musi, kain songket, dan makanan khasnya pempek. Tapi dari mana asal usul kata Palembang tersebut?

Palembang berasal dari bahasa Melayu karena daerah ini memang dipengaruhi oleh budaya Melayu. Palembang berasal dari kata Lembang yang berarti air yang merembes, atau air yang menggenang. Arti kata ini bisa kita telaah dengan jelas bahwa Palembang memiliki 108 anak sungai. Sehingga, kehidupan masyarakat Palembang hampir tidak bisa lepas dari sungai.


Sungai Musi menjadi gambaran nyata pentingnya air bagi masyarakat Palembang. Masih dapat kita lihat hingga kini rumah-rumah di sepanjang Sungai Musi, rumah rakit, dan perahu atau ketek yang lalu lalang yang menjadi penanda bahwa Palembang merupakan kota sungai atau kota air. Maka tidak heran jika seorang professor dari Universitas Leiden, Belanda, yaitu Peter J.M. Nas menjuluki Palembang sebagai “Venice of the East” yang beliau publikasikan dalam bahasa Belanda di Orion, jrg. 1, no.4, 1084.

No comments:

Post a Comment