Thursday, May 31, 2012

Istana Maimun Medan dengan Arsitektur oleh Theo Van Erp

Istana Maimun merupakan istana dari Kerajaan Deli. Istana ini merupakan salah satu bangunan terindah dari kota Medan. Istana ini dibangun pada masa Kesultanan Deli. Namun istana ini tidak sepenuhnya dibangun oleh Sultan Deli sendiri. Belanda merupakan pihak dibalik pembangunan istana bersejarah ini. Belanda merasa berhutang budi kepada Sultan Deli karena diberikan ijin untuk membuka lahan dan membuat perkebunan di wilayah kerajaan Deli.

Istana Maimun Medan


Istana maimun tidak dirancang olek arsitektur lokal, melainkan oleh orang luar negeri. Arsitek tersebut adalah Theo Van Erp, seorang arsitektur yang berasal dari Itali. Karena didesain oleh orang luar, tidak heran jika desain istana maimun merupakan perpaduan budaya timur dan eropa. Budaya timur terlihat dari warna kuning yang terdapat di tiang, dinding dan tirai.
Istana Maimun
Yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa menggunakan arsitektur dari luar negeri? Menurut sebuah sumber, dengan adanya sokongan dari pihak Belanda, sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia untuk menggunakan arsitektur dari luar untuk menunjukkan kekayaan dan kejayaannya.

Singgasana Kesultanan Deli
Sekarang ini, Istana Maium menjadi salah satu tempat tujuan wisata. pengunjung dapat melihat-lihat hingga bagian dalam bangunan ini. Bahkan pengunjung dapat memakai baju sultan dan bergaya bak seorang bangsawan.

No comments:

Post a Comment