Tuesday, May 29, 2012

Profil Singkat Nama Jalan Jendral Gatot Subroto

Nama jalan di Indonesia biasanya diambil dari nama para pahlawan. Nama-nama Pahlawan tersebut diabadikan menjadi nama jalan untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa mereka. Salah satunya adalah Jalan Gatot Subroto di Jakarta. Lalu siapakah Gatot Subroto itu?


Lahir di Banyumas, 10 Oktober 1907, Jenderal Gatot Subroto merupakan orang yang memunculkan gagasan untuk membuat sebuah akademi militer gabungan dari darat, laut, dan udara. Gagasan ini kemudian diwujudkan dengan dibentuk Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia pada tahun 1965, 3 tahun setelah sang penggagas meninggal dunia.


Karir Jendral Gatot Subroto dibidang militer bisa dibilang tidak biasa-biasa saja. Tahun 1923, Gatot Subroto mengikuti sekolah militer KNIL di Malang. Pada masa pendudukan Jepang, belau kemudian masuk dan mengikuti pendidikan PETA di Bogor. Pasca kemerdekaan, Gatot Subroto memilih masuk menjadi Tentara Keamanan Rakyat atau TKR. Karirnya terus berlanjut hingga dipercaya untuk menempati posisi Panglima Divisi II, Panglima Coprs Polisi Militer, hingga Gubernur Militer daerah Surakarta dan sekitarnya.

Pada tahun 1949, Gatot Subroto diangkat menjadi Panglima Tentara dan Teritorium (T&T) IV Diponegoro. Meski tahun 1953 beliu mengundurkan diri dari dunia militer, tapi 3 tahun kemudian beliau kembali lagi dan menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat ( Wakasad ).

No comments:

Post a Comment