Thursday, September 26, 2013

Apa itu tenaga dalam?

     Sepertinya, kata tenaga dalam sudah tidak asing lagi di telinga kita. Entah itu sekedar mendengar atau ada yang pernah mempelajarinya. Bagi yang menyukai film, terutama yang berjenis kolosal, akan banyak kita temui adegan yang menggunakan ‘tenaga dalam’. Terlepas dari adegan di film yang terkesan hiperbolis, pada kenyataannya tenaga dalam memang benar-benar ada.

Aura
Tenaga Dalam
      Setiap orang memiliki tenaga dalam. Tapi tidak semua orang mampu menyalurkannya. Tenaga dalam adalah suatu tenaga yang ada dalam diri kita. Untuk dapat menggunakan tenaga dalam, dibutuhkan latihan. Salah satu cara melatih tenaga dalam yaitu dengan tehnik pernafasan. Tehnik pernafasan bisa dilatih melalui senam pernafasan.  Kegiatan ini harus dilakukan secara rutin untuk membangkitkan tenaga dan energi potensial dalam tubuh.

Membelah Batu Beton
     Di Indonesia, ada perguruan-perguruan beladiri untuk mempelajari olah tenaga dalam. Meskipun memiliki jurus atau metode yang berbeda, namun tujuan mereka adalah sama, yaitu mengolah tenaga dalam tubuh.  Untuk menunjukkan hasil olah tenaga dalam, biasanya dalam sebuah demonstrasi akan ditunjukkan aksi pemukulan benda keras, contohnya batu dan besi. Dalam aksi tersebut, seseorang akan memukul satu atau lebih balok batu dan membuatnya terbelah. Atau dengan membelah lempengan besi hanya dengan satu jari. Bayangkan, apakah orang awam mampu melakukannya?

Diagram ATP dan ADP
Untuk dapat membelah benda-benda keras tadi, perlu dilakukan gerakan-gerakan awal untuk memancing dan mengeluarkan tenaga  persiapan pemukulan dengan teknik pernafasan. Orang tersebut perlu menahan nafas antara perut dan dada sekitar 25 detik. Lalu mengencangkan otot yang akan digunakan dengan maksimal. Sehingga otot di dalam tubuh akan menghasilkan ATP (adenosin tri phosphate). ATP adalah unsur kimia di dalam tubuh yang dapat berubah menjadi energi melalui proses metabolisme dan berfungsi sebagai energi cadangan. Mungkin ada yang pernah mengalami suatu kondisi dimana tubuh sangat lemah sampai merasa tidak bisa melakukan hal apa pun. Tapi dengan keinginan yang kuat, ternyata tubuh masih mampu bergerak. Itu adalah salah satu bentuk pemanfaatan tenaga dalam yang tidak disadari.
     Kunci dari tenaga dalam adalah konsentrasi dan pengendalian diri. Tenaga dalam mampu memperkuat daya tahan tubuh dan dapat digunakan untuk pengobatan jika dilatih dengan benar.

No comments:

Post a Comment