Saturday, October 5, 2013

Buah Manggis, Ratunya Buah




    Banyak orang mengenal durian sebagai king of fruit, alias rajanya buah. Tapi kalau ratunya buah, mungkin sebaliknya. Ya, buah manggis dijuluki queen of fruit atau ratunya buah. Ada kisah menarik kenapa manggis dinobatkan sebagai queen of fruit.

Ratu Victoria
     Pada tahun 1800an, Ratu Victoria dari Britania atau Inggris Raya mengadakan sayembara. Barang siapa yang mampu membawakan buah manggis, sang ratu akan menghadiahkan 100 poundsterling. Saat sang ratu mencicipi buah ini, ratu Victoria lalu menobatkannya sebagai ratunya buah karena mengganggapnya hanya ada di negeri dongeng. Cerita tentang ratu Victoria dan buah manggis ini ditulis oleh ahli botani berkebangsaan amerika bernama David Fairchild.

Buah Manggis
   Kabupaten kerinci menobatkan buah manggis sebagai tanaman khas mereka. Dalam sekali panen, dapat dihasilkan hingga 20 ton. Warna buah manggis saat masih muda adalah hijau. Sedangkan saat matang, warnanya berubah menjadi ungu kehitaman.
Yang terkenal dari buah manggis adalah zat santonnya. Zat santon adalah salah satu jenis antioksidan yang sangat bagus. Kandungan zat ini paling banyak ditemui pada buah dengan kulit yang keras. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa zat santon pada buah manggis adalah yang tertinggi. Kandungan zat santon ini dapat menyembuhkan penyakit dan memperbaiki sel-sel yang rusak.
 
    Yang menarik dari pohon ini adalah penanamannya yang berdekatan dengan pohon durian. Pohon manggis memerlukan naungan dan lingkungan yang lembab untuk tumbuh. Pohon durian biasanya akan tumbuh lebih tinggi daripada pohon manggis. Ternyata raja dan ratu memang tidak terpisahkan.

No comments:

Post a Comment