Tuesday, October 1, 2013

Ikan Semah, Ikan Primadona Propinsi Jambi

Ikan Semah
   Membahas kekayaan alam kerinci tidak lengkap jika tidak melihat hasil perikanannya. Selain memiliki perusahaan Teh Kayu Aro sebagai penghasil teh terbaik di dunia, kabupaten Kerinci juga memiliki ikan semah sebagai ikan primadonanya. Ikan ini banyak hidup di danau kerinci dan mampu hidup hingga mencapai panjang 1 meter dengan berat puluhan kilo gram.


Budidaya Ikan Semah
     Ikan semah termasuk dalam jenis ikan air tawar. Ikan ini hidup di perairan deras yang tidak tercemar. Tapi hal ini juga yang menyebabkan pupulasi ikan sema turun dan semakin langka. Selain karena habitat yang tercemar, ikan semah menjadi langka karena penangkapan yang berlebihan. Orang tergiur dengan nilai ekonomisnya yang tinggi. Bahkan untuk orang Kerinci pun, ikan semah termasuk sajian yang mewah. Untuk menjaga kelestarian ikan semah, Dinas Perikanan kabupaten Kerinci melakukan budidaya dan pembibitan ikan ini.


Ikan Semah
     Membersihkan ikan sema sedikit berbeda dengan ikan lain. Sisik pada ikan sema tidak ikut dibersihkan dan dibiarkan saja. Hal ini dikarenakan sisik ikan sema dapat dimakan bahkan menambah cita rasa pada ikan. Satu hal lagi yang menarik adalah, dalam memasak ikan ini, yang pertama dimasukkan dalam kuah santan pada saat memasak adalah bagian kepalanya dulu, baru bagian ekornya.




2 comments:

  1. mau tahu cara budidayanya, terutama cara reproduksi buatan, datang saja ke bbis kerinci, Jambi.

    ReplyDelete
  2. di tempat saya masih bayak ikan somah,hanya saya bingung nyari pemasarannya

    ReplyDelete