Thursday, October 10, 2013

Tahu Nggak Kenapa Sale Pisang Pacitan Bisa Tahan Lama?

   Satu lagi panganan khas Pacitan, Sale Pisang. Mungkin panganan jenis ini tidak hanya ada di Pacitan, tapi hanya di Pacitan yang menggunakan kemasan unik. Sale pisang Pacitan dikemas menyerupai buah anggur lengkap dengan daun dan batangnya. Kemasan unik ini tidak lain adalah agar orang merasa tertarik untuk membeli.
Sale Pisang Pacitan
  Sebagai panganan khas untuk buah tangan, sale pisang bisa tahan lama sebelum kadaluarsa. Rahasianya adalah pada saat penjemuran. Proses membuat sale pisang khas Pacitan yaitu dimulai dengan mengiris tipis-tipis pisang yang telah disiapkan. Irisan pisang ditata rapi diatas papan penjemur. Setelah seluruh papan penuh, irisan pisang tadi dijemur hingga kering. Waktu penjemuran kurang lebih sekitar 3 hari tergantung cuaca. Proses penjemuran inilah yang membuat sale pisang menjadi awet karena kadar air dalam pisang menjadi minim. Agar lebih tahan lama, beberapa produsen melanjutkan prosesnya dengan mengoven irisan pisang. Untuk membuat satu bulatan sale pisang, biasanya digunakan sekitar 4 lembar irisan pisang.

Proses Penjemuran
   Buah pisang yang sering dipakai adalah buah pisang raja. Pisang jenis ini tergolong memiliki rasa yang manis dari pada buah pisang yang lain.

Pisang Raja

No comments:

Post a Comment