Wednesday, October 9, 2013

Tahu Nggak Sih Kalau 1 Ounce Tidak Sama dengan 100 Gram?

Membaca judulnya mungkin sudah membuat orang bertanya-tanya. Benarkah demikian? Ya, hal itu wajar karena sejak dari kecil kita diajarkan bahwa 1 ons = 100 gram.  Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia pun tertulis bahwa 1 ons adalah 1/10 kilogram. Namun ons disini tidak sama dengan ounce yang berlaku secara internasional.

Lembaga yang paling berwenang dalam hal takaran di Indonesia, yaitu Direktorat Metrologi mengungkapkan bahwa pihaknya telah lama melarang penggunaan satuan ons. Mereka menganjurkan gram dan kelipatannya untuk satuan berat. Bahkan, lembaga ini telah lamamemusnahkan timbangan (bandul) dengan satuan ons dan pound. Apakah salah menganggap 1 ons = 100 gram? Sebenarnya tidak salah, hanya saja takaran tersebut tidak berlaku secara internasional. Sehingga, saat berurusan dengan pihak luar negeri, maka kebiasaan 1 ons = 100 gram harus dikesampingkan.

Lalu, berapa 1 ons tersebut? Sebelum masuk ke konversi, ternyata penulisan ons juga kurang tepat. Dalam takaran internasional tidak dikenal satuan ons, yang ada adalah ounce. Sedangkan 1 ounce = 28,35 gram, bukan 100 gram seperti yang kita kenal selama ini. Mungkin beberapa masih tidak percaya. Tapi jika ditelusuri dan di cek, maka ini adalah yang benar. Cara mudah untuk mengetahuinya adalah dengan google. Sekali kita ketik kata ounce, maka akan muncul konversi 1 ounce = 28,3495 gram.

Satu hal lagi yang salah kaprah tentang satuan berat yaitu pon. Di sekolah kita diajarkan bahwa 1 pon sama dengan ½ kilogram. Padahal kata pon tidak ada dalam satuan berat internasional. Yang ada adalah satuan pound dan 1 pound bukan ½ kilogram melainkan 453 gram atau 16 ounce.

 sumber : satriabms.wordpress.com

No comments:

Post a Comment