Saturday, December 21, 2013

Tahu Nggak Sih Dimana Pusat Penyamakan Kulit di Daerah Garut?

Penyamakan Kulit

Kota Garut merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang cukup terkenal. Beberapa hal yang membuat kota Garut terkenal adalah makanan khasnya yaitu dodol, domba garut, dan jaket kulit. Bahan dasar jaket kulit tentu saja adalah kulit itu sendiri. Tapi supaya kulit hewan dapat digunakan sebagai bahan pakaian, perlu proses penyamakan. Tujuan dari proses penyamakan ini adalah untuk menghindarkan kulit yang rapuh akibat aktivitas mikro organisme menjadi kuat dan bisa awet. Di kota Garut sendiri terdapat suatu daerah yang menjadi sentra penyamakan kulit. Tahu nggak sih dimana pusat penyamakan kulit di daerah Garut?



Gerbang Sukaregang
"Kalo pusat penyamakan itu di kampung Sukaregang desa Kota Wetan kabupaten Garut Kota", terang Kadis PPP Kab Garut bapak Drs. Eko Yulianto, MP. Selain sebagai pusat penyamakan kulit, kampung Sukaregang juga menjadi sentra penjualan hasil kerajinan kulit. Mulai dari jaket, sepatu, ikat pinggang, dan lain-lain. Di sepanjang kampung Sukaregang berjejer toko-toko yang menjual aneka kerajinan kulit ini.

Jaket Kulit
Seperti yang telah diterangkan di awal, untuk dapat digunakan sebagai bahan pakaian, kulit harus melalui proses penyamakan. Tahap yang pertama adalah proses pengapuran atau degresing yang bertujuan untuk menghilangkan daging yang masih menempel di kulit. Langkah selanjutnya adalah proses pembuangan meliputi pembuangan bulu dan lemak. Kemudian kulit diserut lalu di beri warna. Agar dapat diregangkan pada saat dijemur, kulit harus dilemaskan terlebih dahulu. Setelah itu, kulit baru bisa di cat.
 
Peregangan
Sumber Foto: Google
Referensi: Tau Gak Sih? TransTV

No comments:

Post a Comment