Saturday, December 14, 2013

Tahu Nggak Sih Kenapa Sisik Ular Bisa Berwarna-warni?


Ular
 Ular merupakan binatang melata yang memiliki banyak jenis. Ada ular yang berukuran besar seperti piton hingga ular yang berukuran sangat kecil seukuran lebih kecil dari pensil. Di antara jenis-jenis ular tersebut ada yang berbisa dan ada juga yang tidak. Ular yang berbisa membunuh mangsanya dengan racun yang dia keluarkan. Ciri ular yang berbisa adalah ukurannya yang relatif yang lebih kecil dari ular tidak berbisa dan kepala ular yang berbentuk segitiga. Sedang ular yang tidak berbisa, membunuh dengan mencengkram mangsanya. Ular mampu memakan mangsa yang ukurannya lebih besar darinya karena rahan ular bisa dilepas. Banyaknya jenis ular juga berdampak pada beragamnya warna sisik ular. Tahu nggak sih kenapa sisik ular bisa berwarna-warni?


Ular Menelan Mangsa Lebih Besar
Racun Keluar Dari Taring Ular
"Jadi merupakan evolusi yang beradaptasi terhadap lingkungan, terutama untuk dia bersembunyi atau beradaptasi dengan habitat, atau untuk makan.", jelas Prof. Jatna Suprianta, Ph.D, Dept Biologi UI.

Ular Diantara Dedaunan
Ular Di Atas Tanah
 Ular memiliki sisik yang berwarna-warni untuk beradaptasi terhadap lingkungan. Adaptasi ini terjadi karena faktor yang alami. Contohnya, ular yang berwarna hijau biasanya berada di lingkungan dedaunan, sedangkan ular yang yang hidup di tanah memiliki warna yang lebih gelap. Warna ini memiliki fungsi kamuflase untuk bersembunyi, baik itu dari predator maupun dari mangsanya.


Sumber: Tau Gak Sih? TransTV

No comments:

Post a Comment