Saturday, November 30, 2013

Tahu Nggak Sih Ikan Apa yang Lahir Di Sungai Tapi Besar di Laut?

Ikan Salmon Terpancing
Ikan adalah salah satu jenis makhluk hidup yang hidup di air. Ikan banyak sekali jenisnya dan sebagian besar bisa dikonsumsi. Sering kita membedakan ikan menjadi dua jenis berdasarkan habitat atau lingkungan tempat ikan hidup yaitu ikan air tawar dan ikan laut. Yang sering disebut ikan laut adalah ikan-ikan hasil tangkapan atau yang hidup di laut atau air asin. Sedangkan ikan air tawar adalah ikan-ikan yang hidup di sungai, danau, dan lingkungan air lainnya yang memiliki rasa tawar. Tapi ternyata ada juga ikan yang hidup di air tawar dan air asin. Ikan ini memiliki daur hidup lahir di sungai, tapi dewasa di laut. Tahu nggak sih ikan apa itu?


Bapak Abinawanto, Dosen Biologi UI, mengatakan, "Diantaranya ikan salmon. Dia biasanya reproduksinya di sungai, kemudian dia berkembang, setelah besar dia akan bermigrasi ke laut."

Ikan Salmin Pink di Sungai
Sekelompok Ikan Salmon
Ikan salmon merupakan ikan yang hidup di wilayah sub tropis. Ikan ini banyak di temukan di Amerika dan Kanada. Seperti pada judul di atas, ikan salmon lahir di sungai. Seiring pertumbuhannya, ikan salmon bermigrasi ke laut. Ikan salmon menghabiskan hampir sebagian besar hidupnya di laut. Hingga berumur sekitar 7 tahun ikan salmon akan bermigrasi kembali ke tempat kelahirannya. Sampai saat ini, para ilmuwan masih belum memahami bagaimana ikan salmon dapat kembali ke tempat kelahirannya yang berjarak bermil-mil dari laut. Kesimpulan sementara adalah ikan salmon mampu melacak bau hingga ke sungai tempat kelahirannya.

Ikan Salmon Pink
Ikan Salmon

Sama seperti ikan terbang, ikan salmon juga memiliki keunikan. Jika ikan terbang dapan terbang, maka ikan salmon dapat melompat. Ikan salmon dapat melompat karena memiliki sayap di punggung dan sisik di dada yang bisa mengembang saat akan melompat. Selain dapat melompat, ikan salmon juga memiliki keunikan lain, yaitu dapat hidup di air tawar dan air laut. Ternyata, mekanisme tubuh ikan salmon dapat mengatur kadar garam di dalam tubuhnya. Sehingga ikan ini dapat beradaptasi dengan air di sekitarnya. Selain ikan salmon, ada juga ikan trout yang lahir di sungai dan besar di laut.

Telur Ikan Salmon


Sumber Foto: Google
Referensi: Tau Gak Sih? TransTV

No comments:

Post a Comment