Saturday, November 16, 2013

Tahu Nggak Sih Apa yang Dimaksud Global Warming?

Pemanasan Global


Kata global warming atau sering juga dikatakan pemanasan global, bisa jadi sudah tidak asing lagi di telinga orang. Isu ini telah diangkat sejak bertahun-tahun yang lalu. Para pemerhati lingkungan dan iklim telah menyuarakan pencegahan global warming yang lebih parah. Namun, tampaknya penanganan isu ini masih jauh dari memuaskan. Bebarapa negara termasuk Indonesia telah sepakat untuk menandatangi kesepakatan untuk menyikapi isu global warming ini. Meskipun global warming telah familiar ditelinga masyarakat, tapi apa yang dimaksud global warming?


Ilustrasi Global Warming

Budi Suhardi, Kabid Bina Operasional Perubahan Iklim dan Kualitas Udara BNKG, mengatakan, "Global warming adalah meningkatnya suhu di permukaan bumi dan lautan, akibat adanya konsentrasi gas rumah kaca". Dengan kata lain, global warming adalah peningkatan suhu rata-rata laut, atmosfir dan daratan dari suhu normal. Kenaikan suhu rata-rata tersebut mencapai sekitar 5 derajat celcius per tahun. Akibat global warming atau pemanasan global ini adalah mencairnya es yang ada di kutub selatan dan kutub utara. Jika es di kutub tersebut mencair semua, dapat mengakibatkan tenggelamnya banyak pulau di bumi.

Es Kutub Mencair

Pemanasan global tidak terjadi begitu saja, ada beberapa faktor yang menyebakan global warming terjadi. Salah satu diantara banyak penyebab tadi adalah polusi dari berbagai pulutan seperti metan, karbondioksida, gas CFC dan lain-lain. Mungkin orang sudah tahu bahwa asap kendaraan adalah salah satu penyebab pulusi tersebut. Tapi, ternyata pupuk, pembakaran sampah, hairspray, hingga alat-alat rumah tangga yang lain juga menjadi penyebab pemanasan global.

Penyebab Global Warming
Karbondioksida merupakan faktor yang paling berperan dalam global warming. Gas ini dapat menyebabkan efek rumah kaca. Efek rumah kaca adalah suatu keadaan dimana suhu di dalam bumi lebih tinggi daripada suhu di luar bumi. Gas yang kedua adalah metan, yaitu gas yang timbul dari hasil interaksi makhluk hidup dan bakteri. Sedangkan CFC (Cloro Floro Carbon) merupakan gas yang muncul dari produk lemari pendingin dan ac. CFC inilah yang menimbulkan lubang di lapisan ozon. Padahal ozon memiliki peran penting dalam menangkal sinar radiasi dari luar angkasa.


Cara Mengatasi Global Warming


Sumber Foto: Google
Referensi: Tau Gak Sih? TransTv

No comments:

Post a Comment