Saturday, November 23, 2013

Tahu Nggak Sih Yang Dimaksud Asteroid?


Asteroid
Bumi sebenarnya adalah bagian yang sangat kecil dari dunia ini. Bumi merupakan salah satu benda angkasa yang ada di dunia. Di luar angkasa ada benda-benda lain seperti meteor, matahari, planet, bulan dan asteroid. Bumi merupakan benda angkasa yang masuk dalam kategori planet. Selain bumi ada beberapa planet yang sudah sering diajarkan di sekolah seperti merkurius, venus, jupiter, dan lain-lain. Tapi tahu nggak sih yang dimaksud asteroid?


Garis Orbit Asteroid
Menurut penuturan Bapak Cecep di Planetirum dan Conservatorium Jakarta, "Asteroid itu ada yang mengatakan mirip bintang. Ada pula yang mengatakan asteroid itu adalah planetoid, planet kerdil atau planet minor...".  Asteroid merupakan benda langit yang memiliki ukuran lebih kecil daripada planet yang lebih besar dari meteor. Asteroid adalah benda angkasa yang memiliki sifat seperti planet, yaitu mengitari matahari. Garis orbit asteroid berada di antara planet jupiter dan mars. Jumlah dari asteroid mencapai ratusan ribu dengan ukuran yang bermacam-macam.

Ilustrasi Asteroid Menabrak Bumi
Pada tahun 1801, sejarah mencatat penemuan pertama asteroid yang jatuh ke bumi oleh Giuseppe Piazzi . Dalam sejarah disebutkan juga, sebuah asteroid berukuran besar sekitar 107km pernah menghantam teluk Meksiko. Dari hasil tubrukan asteroid tersebut terbentuk sebuah kawah yang dinamakan Chicxulub, yang artinya ekor dari setan. Selain menciptakan kawah, efek dari tubrukan ini adalah terjadinya tsunami, gempa bumi, dan meletusnya gunung di seluruh dunia. Hal ini menyebabkan bumi mengalami kebakaran hebat dan tertutupnya atmosfer bumi oleh kabut yang tebal. Kabut tebal ini menghalangi sinar matahari masuk ke bumi. Hasilnya, suhu bumi turun drastis dan mengalami masa atau zaman es. Kondisi bumi yang sangat dingin ini berlangsung hingga seribu tahun lamanya. Fenomena jatuhnya asteroid berukuran besar ini diyakini oleh para peneliti sebagai penyebab punahnya hewan purba dinosaurus.

Sumber Foto: Google
Referensi: Tau Gak Sih? TransTv

No comments:

Post a Comment