Saturday, November 9, 2013

Tahu Nggak Sih Artinya Tsunami?


Karikatur Tsunami
 Ingatkah tragedi bencana tsunami di Aceh? Kejadian tersebut cukup menggemparkan dunia, karena efeknya tidak hanya di Indonesia, tapi hingga ke Singapura, Malaysia, India, hingga Sri Lanka. Bahkan di Banda Aceh sendiri, efek yang ditimbulkan oleh bencana ini sangat memilukan. Bangunan-bangunan yang berjarak radius 3km ludes rata dengan tanah, selain menimbulkan korban jiwa yang tidak sedikit. Oleh karena efek yang dahsyat tersebut, bencana tsunami di Aceh disorot dan mendapat perhatian dari dunia. Bantuan-bantuan kemanusian silih berganti datang ke Aceh dari banyak pihak. Sampai sekarang ini, bencana Aceh pada waktu itu masih menjadi bencana paling buruk sepanjang sejarah di Indonesia. Lalu, tahu nggak sih artinya tsunami?


Tsunami di Jepang Tahun 2011
Foto Tsunami di Jepang
Kata tsunami berasal dari bahasa Jepang. Tsunami terdiri dari dua suku kata, tsu artinya pelabuhan, dan nami artinya gelombang. Jadi, arti kata tsunami adalah gelombang yang terjadi di pelabuhan. Kata tsunami dipilih karena yang menjadi korban kebanyakan adalah orang yang berada atau hidup di sekitar pelabuhan atau pesisir pantai. 

Bagaimana Tsunami Terbentuk
Tentang Tsunami
Tsunami bisa terjadi karena ada gejala alam yang terjadi di bawah permukaan laut, seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, longsor, atau bisa juga karena ada meteor yang jatuh di laut. Sehingga, kekuatan tsunami bisa mencapai kecepatan 900km/jam. Besarnya kekuatan tsunami ini membuat gelombang besar ini mampu menyapu apapun yang dilewatinya seperti pohon-pohon hingga gedung-gedung yang kokoh. Sebenarnya, di Indonesia sering terjadi tsunami yang disebabkan oleh gempa tektonik. Hal ini disebabkan posisi pulau di Indonesia yang berada di antara dua lempeng yang aktif bergeser, yaitu lempeng Eurasia dan lempeng Indo Australia.

Masjid Agung di Banda Aceh Pasca Tsunami
Gempa tsunami di Banda Aceh bukan bencana tsunami pertama yang terjadi di Indonesia. Sejarah mencapat, tsunami pernah melanda Indonesia pada tahun 1883 saat gunung krakatau purba meletus hebat. Sejarah juga mencapat, akibat bencana tersebut jatuh korban sekitar 36.000 jiwa dan menjadi gelombang tsunami terdahsyat yang melanda samudra hindia.

Referensi: Tau Gak Sih? TransTv
Sumber Foto:  - google
                      - National Geographic Daily News

No comments:

Post a Comment